2018/11/09

Aturan dasar lisensi Windows Server

Virtualisasi menyediakan banyak keuntungan, tapi satu yang terhebat adalah portabilitas. Kemudahan memindahkan instalasi OS yang belum pernah ada sebelumnya disediakan oleh mekanisme dalam hypervisor untuk memilih dan memindahkan ke server lainnya tanpa mengganggu user (Microsoft menyebutnya sebagai “Live Migration”). Terlepas dari istilah teknologi atau kemampuan hypervisor, kemudahan ini terkadang menyebabkan akibat serius dalam hal lisensi OS.

Aturan dasar yang tidak terbantahkan dari proses me-lisensi OS Windows Server - bahkan berlaku juga untuk seluruh sistem operasi Microsoft lainnya - adalah: sebuah lisensi OS Windows Server selalu terikat dengan satu bagian spesifik hardware. Aturan ini telah berlaku sejak lama dan belum pernah berubah hingga saat ini untuk semua jenis lisensi. Yang berubah dari masa ke masa adalah bagian hardware apa yang menjadi target dari lisensi. Pada versi lama lisensi biasa terikat ke sebuah komputer fisik. Setelah era multiple-processor banyak digunakan, lisensi mulai diikat berdasarkan prosesor. Sejak Windows Server 2016, lisensi kini diikat berdasarkan banyaknya core dalam sebuah prosesor.

Pengertian dari aturan dasar ini:

  • Adalah Core CPU (atau, dalam aturan lisensi lama prosesor atau komputer fisik) yang menerima license, dan bukan instalasi OS.
  • Sebuah lisensi tidak bebas dipindahkan dari satu bagian hardware ke bagian hardware lainnya. Ada beberapa aturan pengecualian, tapi bahkan yang paling umum hanya dapat dilakukan dalam periode yang lama.
  • Virtual Machine (VM) tidak dapat di lisensi. Sebuah VM hanyalah “anak buah”, terlepas dari apapun yang terinstalasi di dalamnya. Sebuah VM dapat berisi instalasi Windows, Linux atau bahkan tidak ada apapun di dalamnya.
  • Instalasi OS dalam komputer fisik ataupun virtual, tidak di lisensi. Hardware fisik di lisensi untuk menjalankan sebuah OS.
  • Product-key/serial number bukanlah lisensi. Product-key merupakan bagian dari lisensi, tapi dimasukkan ke sebuah instalasi OS dan bebas digunakan atau dipindahkan dibanding dengan lisensi itu sendiri.

Jika anda ragu mengenai akibat legal yang mungkin anda temui saat melakukan instalasi OS atau menggunakan sebuah VM, ingatlah aturan dalam point paling atas. Jika jumlah core yang akan menjalankan instalasi OS tidak di lisensi dengan lengkap, maka anda telah out-of-compliance sejak saat sistem operasi tersebut mulai berjalan.

image

Yang harus selalu diingat, dalam setiap waktu, adalah lisensi sistem operasi Microsoft selalu mengikat kepada satu bagian hardware. Biasanya tidak dapat dipindahkan. Bahkan bila bisa, harus dipindahkan secara keseluruhan. Beberapa komponen dan hak yang dibolehkan oleh sebuah lisensi tidak dapat dipecah atau dibagi ke beberapa bagian spesifik dari hardware.

Instalasi Fisik dan Virtual

Sekarang kita telusuri hubungan antara lisensi dan instalasi OS. Windows Server 2016 Standard dan Datacenter menyediakan hak penggunaan instalasi OS pada satu hardware fisik dan, dua atau lebih hak instalasi OS pada VM. Dari aturan dasar diatas, instalasi OS fisik dan virtual tidak dapat dipisah! Anda tidak diharuskan untuk menggunakan instalasi fisik atau bahkan instalasi dan fisik sekaligus, tapi anda tidak dibolehkan, dengan alasan apapun, menggunakan salah satu hak instalasi pada sebuah hardware dan hak instalasi lainnya pada hardware yang berbeda.


image 

image

Kesimpulan

  • Hak penggunaan sebuah OS fisik dan virtual yang diberikan oleh sebuah lisensi adalah tidak terpisah, tidak dapat dipindahkan, dan tidak dapat dibagi. Anda tidak dibolehkan ketika membeli sebuah lisensi, melakukan instalasi OS fisik pada satu komputer, dan menggunakan hak virtualisasinya untuk membuat dan menjalankan VM pada komputer lainnya.

  • Lisensi yang anda beli di alokasikan ke satu bagian hardware, dan bukan instalasi OS.

  • Jika anda menggunakan teknologi semacam Live Migration untuk men-transfer sebuah instalasi OS Windows Server dari satu komputer fisik ke komputer fisik lainnya, maka lisensi tidak ikut ditransfer; komputer target harus terlisensi dengan lengkap sebelum Live Migration dilakukan secara legal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar